Mau Jadi Food Blogger dengan Banyak Followers? Baca Tips Ini

screenshot_8

Jakarta – Dapat disebut kalau account Instagram bertopik kuliner adalah satu diantara type account yang paling banyak diikuti oleh beberapa pemakai Instagram. Jadi tidak heran apabila jejeran photo makanan seakan-akan menghipnosis siapa juga yang memandangnya.

Account Instagram bertopik kuliner yang menggugah, peluang bakal bikin kita kerasan serta berkata, ” Wah, kayanya enak nih! ” atau ” Duh, jadi ngiler nih! ” atau ” Weekend ini saya pokoknya harus cobain makanan ini! ”

Sekian sebagian komentar yang cukup kerap mendarat di bebrapa photo account Instagram bertopik kuliner, yang sukses menggugah selera orang yang memandangnya.

Kalau sang fotografer mengambilnya dengan cara `asal-asalan`, tidak mungkin bebrapa photo itu mengantongi likes serta komentar positif dalam jumlah banyak.

Saat ini pertanyaanya yaitu, adakah tehnik spesial dalam memphoto makanan? Apa sajakah yang harus disiapkan? Karenanya, simak tips-nya di bawah ini, seperti diambil dari Pro Food Blogger, Senin (14/12/2015).

Sebisa-bisanya gunakan saja pencahayaan alami, janganlah memakai pencahayaan buatan seperti dari lampu flash. Kok gitu?

Lampu flash sebenarnya memanglah bagus dalam membuahkan sinar jelas yang terukur. Tetapi sayangnya, type sinar sejenis ini tak pas untuk fotografi makanan. Untuk lebih terang, saksikan perbandingan berikut ini.

Di photo samping kiri, penyusunan automatis bawaan kamera (termasuk juga flash) sudah diaplikasikan. Cermati bayangan gelap yang terlihat begitu kuat dibagian bawah tomat.

Anda dapat juga lihat lampu flash terpantul dari kamera, yang terlihat sebagai satu kemilau mengganggu. Hal semacam ini bikin semua photo terlihat datar, dua dimensi, kusam, serta tak menggugah selera.

Mengenai di photo di samping kanan, filter sinar alami lewat satu gorden saja yang dipakai. Cermati photo itu dengan saksama, Anda bakal merasakan begitu tambah lebih lembutnya bayangan dibawah tomat, dan kemilau mengganggu juga menyusut.

Pembesaran (zooming) yang begitu dekat pada objek bisa menolong menghadirkan detil objek serta membuat ketertarikan. Serta kamera point-and-shoot atau kamera kompak paling moderen mempunyai setelan makro terbaik.

Coba mengambil angle menarik, baik dengan meletakkan kamera dengan jarak begitu dekat ke objek, di angle tiga perempat, atau mungkin dengan membidik segera dari atas objek (top-down).

Jauhi membidik dari angle dimana Anda lihat objek dengan cara ‘normal’. Sebagai contoh, satu photo cookie yang digigit setengahnya bakal jadi tambah lebih menarik, bila dibidik dari dekat (close up), dengan gigitan yang isi frame serta menghadirkan struktur, dari pada cookie itu ditempatkan sendirian di piring dengan angle top-down.

Waktu membidik dalam model makro yang begitu dekat, tiap-tiap gerakan kamera (bahkan juga waktu jari Anda menghimpit tombol shutter) bakal menyebabkan pada hilangnya sedikit ” kerenyahan ” di hasil akhir photo.

Coba selalu untuk menahan tangan Anda pada suatu hal, apabila sangat mungkin, pakai tripod, atau dapat pula memakai tombol shutter jarak jauh, atau dalam kondisi darurat, dengan memakai manfaat pengatur saat.

Setel bidikan Anda dengan pengatur saat, tekan tombol shutter, serta dalam sebagian detik, kamera bakal memphoto objek, hingga hasil bidikan yang paling ‘renyah’ juga bakal didapat.

Banyak fotografer profesional menghina inspirasi sesuaikan photo dengan piranti manipulasi photo. Mereka berasumsi, yaitu satu kebanggaan tinggi saat memperoleh hasil paling baik segera dari bidikan kamera tanpa ada diotak-atik lagi.

Memanglah, ini bagus, namun dapat pula tak, terlebih saat Anda pertama kalinya belajar fotografi. Mengenai manipulasi yang dapat diaplikasikan yaitu trick penggandaan dengan Adobe Photoshop.

Buka photo di Adobe Photoshop. Buat salinan susunan latar belakang (latar belakang layer) photo Anda dengan menyeretnya ke ikon Copy Layer, atau pergi ke Layer Duplicate Layer.

Pada layer yang baru di buat, ganti blending model ke Overlay, serta lalu turunkan Opacity seperlunya, bila kontras yang dibuat sangat tinggi.

Selamat, di langkah paling akhir ini, Anda sudah bikin photo lebih menarik, dengan tingkatkan kontras serta saturasi warna di piranti manipulasi photo.

 

Mau Jadi Food Blogger dengan Banyak Followers? Baca Tips Ini