Screenshot_225

Mengenal alat transportasi umum di Indonesia

Screenshot_225

Transportasi umum, jadi satu diantara fasilitas untuk menghindar kemacetan. Lantaran dengan transportasi umum, diinginkan orang-orang tak memakai kendaraan pribadi waktu pergi ke ke beberapa tempat umum, serta lain sebagainya. Walau sekian, tak semuanya transportasi umum dipakai oleh semuanya orang-orang. Banyak kendaraan pribadi yang dikira dapat memudahkan orang-orang hingga tempat maksud bikin mereka yang mempunyai kendaraan pribadi malas memakai fasilitas transportasi umum yang disiapkan pemerintah.

 

Trans, yang disebut alat transportasi umum didesain pemerintah untuk kurangi kemacetan dengan ketentuan yang bikin orang-orang dapat dengan nyaman memakai alat transportasi umum ini.

Nyaris di tiap-tiap daerah di Indonesia telah menjalankan bus trans dengan sarana yang telah cukup bikin orang-orang tertarik untuk memakai alat transportasi ini.

Sebagian faedah yang dapat orang-orang rasakan karenanya ada tranportasi ini diantaranya :

  1. Memiliki lajur sendiri yang terpisah dari jalur kendaraan pribadi jadi dapat bebas hambatan*
  2. Tarif terjangkau Tiap-tiap daerah tetaplah tidak sama lantaran ada otonomi daerah
  3. Terjangkau ke tempat umum sebagai ikon-ikon wisata pusat kota.

Tetapi, tak semuanya trans di daerah mempunyai sarana yang sama. Di Jakarta serta Yogyakarta, tiap-tiap shelter telah mempunyai system bayar yang baik. Sebelumnya naik bus yang dituju sesuai sama jurusan, orang-orang telah membayar terlebih dulu. Hingga, kelak didalam tak perlu membayar, ini lebih teratur. Tiap-tiap shelter pemberhentian serta keberangkatan telah di bedakan pintu masuk serta keluarnya, hingga tak bikin penumpang berdesak-desakan terkecuali pada keadaan spesifik.

Namun tak semuanya daerah telah mempunyai sarana yang ideal untuk transportasi publiknya. Seperti di Pekanbaru. Tempat pemberhentian serta pemberangkatan (shelter) masihlah ala kandungannya.

Tak semuanya shelter ada petugasnya. Shelternya juga tak mempunyai bilik yang ideal, tetapi, ada pula shelter yang telah ada petugasnya. Disini bedanya, dengan di Jogja serta Jakarta. Ada lagi, tak ada pembatas waktu masuk ke shelter. Soalnya bila kita bayar masihlah diatas bus. Bukanlah sebelumnya naik, itupun kelak kita di beri ticket.

Nikmatnya dari trans ini, waktu orang-orang ingin ke mana-mana, bila transit tak perlu membayar lagi.

Mengapa ada ketidaksamaan pada sarana yang dipakai tiap-tiap daerah? Tidakkah pemerintah pusat mempunyai ketentuan untuk daerah mengenai prasyarat minimal yang perlu ditaati daerah untuk bikin transportasi umum nyaman dipakai orang-orang? Memanglah kepadatan masyarakat diluar jawa masihlah belum rata menebar, oleh karenanya ketertarikan untuk memakai transportasi umum ini juga masihlah sedikit. Hal semacam ini tak bermakna kalau sarana diluar jawa jauh dari kata nyaman. Jadi mesti tambah nyaman.

Beginilah kondisi umum transportasi Indonesia yang masihlah jalan apa yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *