Sheila Majid Ikut ‘Promosikan’ Pariwisata Indonesia Lewat Lagunya

Screenshot_37

REPUBLIKA. CO. ID, BATAM — Penyanyi lawas Sheila Majid isi kampanye crossborder tourism Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Batam sekian waktu lalu. Dalam peluang itu pelantun lagu ” Pada Anyer serta Jakarta ” itu turut mempromosikan pariwisata Indonesia lewat lagu hitsnya itu.

Walau Sheila Majid, bukanlah warna negara Indonesia tetapi nyaris di tiap-tiap penampilannya ia tidak pernah tidak hadir menyanyikan lagu masa lalu mengenai Indonesia itu. Lagu ” Pada Anyer serta Jakarta ” yang dipopulerkan perempuan kelahiran 3 Januari 1965 itu seolah membuatnya seperti ‘duta pariwisata’ Indonesia.

Sebab satu diantara tempat wisata yang ada diantara Anyer serta Jakarta adalah Tanjung Lesung. Ini yaitu satu diantara destinasi prioritas yang disediakan jadi ” Bali Baru ” oleh Kementerian Pariwisata. Dibawakannya lagu tersebut di kampanye crossborder tourism di Batam bikin pengunjung yang ada tidak cuma dari Indonesia namun juga Malaysia serta Singapura kompak melantunkan tembang itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar menyampaikan ” Pada Anyer serta Jakarta ” adalah lagu legenda. Dia begitu mengapresiasi usaha Kemenpar yang menghadirkan musisi jazz asal Malaysia itu untuk menggaet wisatawan mancanegara (wisman) lewat Batam. Usaha ini dinilai begitu mengena mengingat musik memanglah tak mengetahui batas negara.

“Memang seperti itu. Di sebagian lagu pemirsa jadi turut berdiri sembari bergoyang serta bersenandung. Indonesia, Malaysia, Singapura, semuanya berbaur tanpa ada sekat lagi, ” katanya lewat siaran pers, Rabu (17/5).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Pebrialin, juga rasakan hal seirama. Sampai saat ini menurut dia, lagu yang dilantunkan Sheila Majid itu masih tetap menghadirkan perasaan nostalgia. Diluar itu tanpa ada diakui itu adalah satu diantara bentuk promosi mengingat Anyer adalah satu dari banyak destinasi wisata bahari di Banten, dekat dengan Tanjung Lesung.

Tanjung Lesung sendiri sudah diputuskan sebagai Lokasi Ekonomi Spesial (KEK) Pariwisata yang tengah dihidupkan kembali oleh Kemenpar. Pebrialin mengharapkan dengan mendengar lagu Sheila banyak yang bakal penasaran dengan lokasi Anyer. Namun pasti menurut dia semakin lebih baik bila wisatawan yang penasaran itu dapat datang lewat pintu masuk Batam.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memberikan pujian pada Sheila Majid. Sebab menurut dia karena lewat lagu itu, Sheila otomatis telah menerangkan di mana letak Anyer serta Tanjung Lesung.

“Kalau lokasi pariwisatanya telah jadi, mungkin saja tidak cuma tembang ‘Anyer serta Jakarta’ saja yang ngetop. Tanjung Lesung pasti akan ngetop serta di kenal dunia. Terimakasih untuk Sheila Majid yang sudi menyanyikan tembang masalah Indonesia di Batam, daerah yang berdekatan dengan Singapura serta Malaysia, ” kata Arief.

Kampanye crossborder tourism yang di gelar sebagai sisi dari Batam Jazz and Fashion (Bajafash) 2017 itu tidak cuma menghadirkan Sheila Majid. Parade fashion bercorak nusantara, juga berhasil menghipnotis sekitaran 500 orang yang memadati Ballroom Radisson Hotel Batam pada Ahad (14/5) malam lantas.

Tidak cuma itu gelaran yang dibalut semangat crossborder tourism ini memanglah berhasil ‘mengguncang’ Batam. Balutan rasa Indonesia begitu merasa. Beberapa ratus orang turut terhipnotis. Semuanya juga begitu nikmati konser diva Jazz internasional seperti Sheila Majid.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Asturi, mengharapkan pesan paling utama promosi Wonderful Indonesia di lokasi perbatasan itu bisa segera mengena. Terlebih menurut Esthy ruang di samping kanan Ballroom Radisson Hotel dipadati wisman Malaysia.

” Message crossborder tourismnya segera mengena ke jantung wisman Malaysia, ” tuturnya.

Walau beberapa orang Malaysia yang ada, aroma Merah Putih tetap masih tercium. Spirit Pesona Indonesia serta Wonderful Indonesia sebagai merk pariwisata Indonesia tetaplah ditebar ke semua pengunjung yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *